Laan van Kronenburg

dan perdjoeangan masih panjang

Secangkir coklat panas dan “bombastis …”

Menurut rumor, kata bombastis berasal dari nama asli lengkap Paracelcus yaitu Philippus Theophrastus Aureolus Bombastus von Hohenheim. Karakternya yang angkuh dan arogan serta pemilihan kata yang hiperbolis dan revolusioner membuat pemilihan kata serupa diberi kata sifat “bombastis”, sesuai salah satu dari nama tengah Paracelcus, Bombastus. Tapi, … siapakah Paracelcus? Bagi yang pernah kuliah toksikologi ataupun pembaca blog ini ataupun pengikut @dosengila di Twitter mungkin sudah tahu karena DosGil sering sangat membahas quote beliau yang terkenal, “Dosislah yang membuat sesuatu itu beracun atau tidak.” Iya, Paracelcus adalah salah satu pioner farmakologi/toksikologi modern yang hidup di abad 15, sejaman dengan Martin Luther (salah satu tokoh idola DosGil yang lain). Meskipun jaman itu kimia khususnya kimia organik belum bisa dikatakan maju, Paracelcus lah yang menginisiasi hubungan senyawa aktif dengan aktivitas farmakologi/toksikologi bukan lagi sekedar “tanaman A bisa untuk penyakit hati karena daunnya mirip dengan hati” (meskipun banyak hal seperti ini masih terkonfirmasi “benar”).

Dan lagi …, sebagai penikmat buku-buku karya Paulo Coelho pasti sudah baca Sang Alkemis yang melegenda itu. Dan siapakah the real alkimiawan? Nicolas Flamel! Yup, yang menjawab itu pastilah juga penggemar Harry Potter. Paracelcus adalah penulis buku tentang alkimia dan mungkin dia adalah salah satu alkimiawan itu sendiri.

So, bersiaplah membaca buku-buku karangan Paracelcus jika ingin mengubah sembarang logam jadi emas atau memiliki obat hidup yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Btw, dengan setidaknya Android G1 yang sudah diperbaiki, DosGil sudah bisa (lagi) mengabadikan kejadian sehari-hari dan mengunggah di www.dosengila.posterous.com secara instan dengan syarat si Android G1 tidak habis baterei dan sedang terkoneksi internet.

Have a wonderful monday!
*DosGil, an alchemist wannabe

Iklan

8 Januari 2012 - Posted by | Secangkir ... | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: