Laan van Kronenburg

dan perdjoeangan masih panjang

Secangkir kopi panas dan “perpisahan …”

Pernah seseorang berkata kepada DosGil bahwa dia mengidentifikasi kalau kematian adalah hal yang paling ditakuti oleh DosGil. Hmmm … bisa jadi, dan mungkin memang demikian. Lalu dia melanjutkan bahwa rasa takut (fear) itu akan dengan mudah memicu kemarahan (anger) DosGil, yang dapat berlanjut pada kebencian (hate) dan bermuara pada penderitaan (suffering). Beberapa hari yang lalu, saat masih ramai ucapan Selamat Natal berseliweran baik via sms, tweet maupun fb DosGil membalas beberapa tweet dengan “May the Force be with us, always!“. Tweet tersebut disambar oleh bot Yoda (@yodaism) dengan balasan “@dosengila With you, the force is strong.” Lalu DosGil teringat pada salah satu quote dari Master Yoda “Fear is the path to the dark side. Fear leads to anger. Anger leads to hate. Hate leads to suffering“. Persis komentar rekan DosGil di awal paragraf ini. Kematian adalah perpisahan yang ultimate yang jelas tertulis dalam janji perkawinan, ” … hingga kematian memisahkan kita …/… till death us do part …”.

Jika antonim dari perpisahan adalah perjumpaan, apakah lawan kata dari kematian? Kehidupan atau kebangkitan? Seorang teman lain lagi berkomentar, “Setelah kematian akan ada kebangkitan.” Benar-benar pernyataan penuh iman, meskipun logika DosGil pun tersenyum sinis dan menimpali dalam diam, “Yang pasti, perpisahan adalah negasi dari perjumpaan sementara kematian adalah negasi dari kehidupan. Kebangkitan dan perjumpaan kembali setelah perpisahan bukanlah kepastian, hanya sekedar janji dan harapan belaka.”

Apapun pilihan jawabannya, perjumpaan kembali dengan orang-orang tercinta setelah perpisahan adalah sesuatu banget! Tahun 2011 ini adalah pertama kali DosGil menghabiskan malam Natal dan hari Natal seluruhnya bersama keluarga dan handai taulan di Yogyakarta sejak tahun 2005 silam. Natal tahun 2006 di Amsterdam dan menghadiri undangan makan malam di Utrecht dilanjutkan jalan-jalan ke Madrid, tahun baruan di Roma dan mengawali cerita tahun 2007 di Barcelona. Tahun 2007, sepi sendiri di Amsterdam menyelesaikan thesis program Master dan juga menghabiskan malam tahun baru 2008 ditemani segelas air dari kran dan beberapa potong keripik kentang. Tahun 2008 cukup berwarna dan ditulis di sini. Sempat pada tahun 2009 DosGil bisa pulang dan tepat mendarat di Yogyakarta tgl 25 Desember, tapi ~5 jam berikutnya sudah berganti menjadi 26 Desember dan pohon Natal pun dikemasi. Sementara tahun lalu, DosGil mengunjungi makam mBah Luther di Wittenberg.

Tautan youtube yang DosGil peroleh dari Tweet @kelakuan berikut jelas-jelas menunjukkan bahwa itu adalah sesuatu bangethttp://www.youtube.com/watch?v=x_9fQEqZCWs Salah satu hiburan DosGil di Negara Kincir Angin untuk membunuh waktu dan rasa sepi adalah mencari teman senasib: Nongkrong di terminal keberangkatan Bandara Schiphol melihat orang-orang yang “dipaksa” berpisah. Berkurangnya rasa sakit akibat sepi itu bisa diuji dengan melihat berkurangnya rasa iri saat nongkrong di kafe depan terminal kedatangan melihat adegan-adegan “perjumpaan”.

In case ini postingan terakhir di tahun 2011, DosGil menghaturkan: “Selamat Natal 2011 dan Tahun Baru 2012! May the Force be with us, always!

*Ini bukan postingan berbayar, bahkan DosGil sudah mengurangi minum softdrink sejak lama sekali semenjak DosGil mengurangi konsumsi gula.

Iklan

28 Desember 2011 - Posted by | Secangkir ...

4 Komentar »

  1. senangnya bisa Natalan bareng keluarga. precious moment mas!

    Komentar oleh arya | 28 Desember 2011 | Balas

    • Indeed! Thanks.

      Komentar oleh Enade | 28 Desember 2011 | Balas

  2. Meri krismes pak en… Btw setengah mumet mocone…

    Btw sundul gan… Heee 🙂

    Komentar oleh gallaeh | 28 Desember 2011 | Balas

    • Selamat Natal Gallaeh! Apakah massa tubuh kita sekarang serupa?

      Komentar oleh DosGil | 28 Desember 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: