Laan van Kronenburg

dan perdjoeangan masih panjang

Secangkir air putih dan perjalanan ke timur …

Waktu DosGil masih duduk di bangku kuliah, ada suatu kebiasaan yang dilakukan hampir setiap malam, sekitar jam makan malam, yaitu: menunggu Mas Koko lewat. Mas Koko? Iyah … penjual mie goreng dan masakan terkait lainnya yang sekarang mangkal di jalan Pandega Marta, di Jalan Kaliurang Km. 5 Yogyakarta. Nah, biasanya DosGil beli mie goreng untuk kemudian dimakan sambil menonton kisah Kera Sakti yang diputar di Indosiar. Kisah perjalanan ke barat 5 sekawan (Sun Go Kong si Kera Sakti, Wu Chien, Ti Pat Kai, dan Bikhu Tong Sam Chong) untuk mencari kitab suci. Akhir cerita itu cukup dramatis, yaitu hampir seluruh warga dunia siluman menjadi pengikut Budha. Beberapa quote yang masih terngiang-ngiang dari serial tv tersebut antara lain:

“Hidup di dunia adalah kosong … kosong adalah berisi … berisi adalah kosong.”

Quote di atas pernah dimanfaatkan oleh rekan DosGil, si mulutmanisyangberbisa yang blognya sudah mencapai 2000 hit, untuk menulis pesan di paket makanan Natal sepuluh tahun silam, “Hidup di dunia adalah kosong … kosong adalah berisi … berisi adalah kosong … perut kosong mari diisi.”

Dan di serial tv itu bertebaran quote-quote tentang cinta, antara lain “Cinta adalah akar dari segala penderitaan“, “Cinta adalah lautan penderitaan tanpa batas“, dan “Cinta hanyalah mimpi dan ilusi belaka.” Koq sangat negatif memandang cinta ya? DosGil kira karena cinta yang dimaksud di sini adalah seperti kemelekatan yang dimaksud oleh Anthony de Mello, seorang Yesuit yang karyanya “dikecam” oleh Joseph Ratzinger, yang saat ini duduk di tahta suci sebagai Paus Benediktus XVI.

Lho, terus apa hubungannya dengan perjalanan ke timur? Ho.. ho.. ho… Iyahh … tulisan ini dibuat karena tadi pagi ada yang mengingatkan DosGil tentang sebuah kisah perjalanan yang lain yang terjadi sejaman dengan masa hidup Luther dan Ignatius, yaitu kisah perjalanan ke timur oleh St. Franciscus Xaverius. Yup, hari ini adalah hari ke-4 adven menurut ensiklik sosial pertama Paus Benediktus XVI “Caritas in Veritate“, dan juga hari memperingati St. Fransiskus Xaverius. Siapa beliau? Kisah dan sejarahnya cukup lengkap di Wiki. Jadi DosGil ndak perlu lagi bercerita panjang lebar.

Yang menarik dari kisah yang ditulis di Wiki adalah hingga sampai akhir hayatnya, beliau tidak pernah menginjakkan kaki di daratan utama Tiongkok. Hal ini menarik, karena sejarah mencatat bahwa Yesuit memiliki regenerasi yang tangguh yang melahirkan Matteo Ricci. Ricci meneruskan misi St. Fransiskus Xaverius dan sekarang dikenal sebagai “salah seorang misionaris terhebat di Tiongkok”. Karya awal Yesuit di China daratan bisa diklaim sebagai karya Ricci. Karya yang kemudian terhempas oleh sejarah meskipun dalam berbagai elemen dasar-dasar yang dibangun Ricci masih bertahan, termasuk Gereja Katolik terbesar yang selamat dari Revolusi Kebudayaan. Banyak hal yang mempengaruhi terhempasnya Katolik Roma dari tanah Tiongkok, termasuk diantaranya pembekuan Yesuit oleh Paus Klemens XIII. Namun menurut DosGil, penyebab utamanya adalah perbedaan pandangan ideologi (dan theologi) antar misionaris, yang berkembang menjadi rebutan pengaruh, seperti ditulis di bagian “Chinese Rites Controversy” di halaman wiki ini. Sounds familiar?

~di-posting DosGil, pukul 23.59 CET . Masih tanggal 3 Desember.

Iklan

4 Desember 2009 - Posted by | Secangkir ...

3 Komentar »

  1. Beuh … oleh WP ditulis tanggal 4 Desember … Masih kuset WIB kali ya …

    Komentar oleh Enade | 4 Desember 2009 | Balas

  2. Wohoo…baru tahu kalo de Mello pernah dikecam sama orang yang sekarang jadi Paus. I need you to tell me about this bro…

    Komentar oleh mulutmanisyangberbisa | 4 Desember 2009 | Balas

  3. sebenernya ga tahu orang-orang diatas . . .tapi coba tak cari lah . . .sepertinya menarik

    Komentar oleh andi | 4 Desember 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: